Menu Click to open Menus
Home » Kolesterol » Gejala Kolesterol Tinggi Biasanya Disepelekan

Gejala Kolesterol Tinggi Biasanya Disepelekan

(265 Views) April 18, 2017 2:14 am | No comment

Gejal a kolesterol tinggi sebaiknya diberikan perhatian yang serius, karena walaupun pada dasarnya tubuh juga membutuhkan kolestero, namun jika tingkat kolesterol berlebihan atau tinggi, maka kolesterol bisa berubah menjadi jahat dan merusak kesehatan.

Ada banyak kasus gejal a kolesterol sedang tinggi, tidak dipedulikan oleh penderitanya, karena dikira rasa pegal – pegal biasa atau kondisi tidak fit saja. Padahal jika gejala seperti ini lebih bagus kalau diperiksakan ke dokter, apalagi jika gejala kolesterol itu dirasakan selalu berulang.

Dengan memeriksakan diri ke dokter akan mendapatkan penjelasan yang lengkap dari dokter seputar gejala yang dirasakan. Terutama kadar kolesterol dalam darah. Gejala kolesterol yang tinggi wajib diketahui sejak dini sebagai upaya pencegahan penyakit pembuluh darah dan jantung.

Sebenarnya apa sih gejala kolesterol tinggi yang biasanya dirasakan penderitanya. Berikut ini adalah beberapa gejala, tanda – tanda atau ciri – ciri kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai :

  • Sering merasa pusing pada kepala bagian belakang. Gejala ini dirasakan karena penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala menyebabkan rasa pusing pada kepala bagian kepala. Kadar kolesterol tinggi mulai membentuk plak di pembuluh darah sebagai akibat penyumbatan pembuluh darah. Jika dibiarkan, maka pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan penyakit stroke.
  • Tengkuk dan pundak pegal. Penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol membuat aliran darah menjadi tidak lancar di daerah tengkuk dan pundak, sehingga menimbulkan rasa pegal pada sekitar daerah tersebut.
  • Tangan dan kaki terasa pegal. Gejala ini juga dirasakan jika kadar kolesterol tinggi. Penumpukan kolesterol juga akan menyumbat pembuluh darah sekitar tangan dan kaki. Sehingga rasa pegal di tangan dan kaki biasanya terjadi terus-menerus meskipun tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat.
  • Sering kesemutan di tangan dan kaki. Hampir sama dengan pegal, kesemutan merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar di bagian tubuh tertentu. Kesemutan berhubungan dengan saraf yang tidak mendapat aliran darah.
  • Dada sebelah kiri seperti tertusuk. Gejala kolesterol ini berhubungan dengan organ pemompa darah yaitu jantung. Penyumbatan di pembuluh darah sekitar jantung dapat mengakibatkan rasa nyeri seperti ditusuk. Bahkan rasa nyeri bisa menjalar hingga ke daerah di sekitar leher. Nyeri dada juga bisa menjadi tanda-tanda dari serangan jantung.

Dengan adanya tanda – tanda ataupun gejala yang khas dari kolesterol yang tinggi, mungkin dapat menjadi pengingat bahwa itu bukan tanda – tanda sepele yang dapat sembuh dengan sendirinya, penting juga untuk mengetahui penyebab kolesterol.

Sebagian besar penyakit berat itu akibat tidak diresponnya gejala awal, sehingga setelah rentang waktu tertentu, penyakit sudah berkembang pada stadium lanjut yang mematikan.

INFO :

Asuransi unit link menghindarkan anda dari risiko kerugian finansial akibat penyakit kolesterol dan penyakit lainnya. Pelajari rahasia membeli asuransi prudential Indonesia unit link. Pelajari informasi selanjutnya tentang asuransi prudential.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Gejala Kolesterol Tinggi Biasanya Disepelekan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!