Menu Click to open Menus
Home » Stroke » Faktor Risiko Stroke Wajib Anda Ketahui

Faktor Risiko Stroke Wajib Anda Ketahui

(228 Views) April 18, 2017 6:46 am | No comment

Faktor risiko stroke adalah kelainan atau kondisi yang membuat seseorang rentan terhadap serangan penyakit stroke. Faktor risiko stroke pada umumnya dikategorikan menjadi 2 golongan besar seperti berikut ini :

1. Faktor risiko yang tidak dapat dikontrol, meliputi :

  • Umur. Jika umur seseorang semakin tua, maka potensi terserang stroke semakin tinggi. Setelah umur 45 tahun maka risiko stroke iskemik meningkat dua kali lipat. Pada setiap decade.
  • Ras / suku bangsa. Suku bangsa Afrika / negro, Jepang dan cina lebih sering terserang stroke. Di Indonesia, suku batak dan Padang lebih sering terserang stroke daripada suku Jawa.
  • Jenis kelamin. Laki – laki lebih berisiko terhadap serangan penyakit stroke, jika dibandingkan dengan perempuan maka perbandingannya adalah 3 : 2. Pada laki – laki cenderung mengalami stroke iskemik sedangkan pada perempuan lebih sering menderita stroke haemoragik.
  • Riwayat keluarga ( orang tua, saudara ). Keluarga yang pernah mengalami stroke pada usia muda, maka anggota keluarga lainnya memiliki risiko tinggi untuk mendapatkan serangan penyakit stroke.

 

2. Faktor risiko yang dapat dikontrol, meliputi :

 

Memahami faktor risiko stroke akan membuat kita lebih mudah untuk mencegah penyakit stroke, minimal adalah kondisi yang dapat dikontrol seperti tersebut di atas. Dengan demikian dapat memperkecil potensi serangan stroke terhadap kita. Disamping itu, dengan memperhatikan faktor risiko stroke akan membuat kita lebih berhati – hati sehingga kondisi di atas dapat menjadi tolok ukur pertama, untuk itu kita dapat melakukan pemeriksaan ke dokter.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Faktor Risiko Stroke Wajib Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!