Menu Click to open Menus
Home » Hipertensi » Faktor Risiko Dan Penyebab Hipertensi Yang Wajib Anda Ketahui

Faktor Risiko Dan Penyebab Hipertensi Yang Wajib Anda Ketahui

(1376 Views) April 20, 2017 9:46 am | No comment

Penyebab hipertensi. Sebelum kita membahas apa yang menjadi faktor penyebab, faktor risiko atau yang mempengaruhi sehingga mengakibatkan hipertensi, berikut ini adalah kronologi mengapa tekanan darah meningkat :

  • Jantung memompa lebih kuat sehingga mengalirkan lebih banyak cairan pada setiap detiknya.
  • Pembuluh darah kehilangan kelenturannya dan menjadi kaku, sehingga tidak dapat mengembang pada saat jantung memompa darah melalui pembuluh darah tersebut. Kondisi ini mengakibatkan , darah pada setiap denyut jantung dipaksa untuk melalui pembuluh darah yang sempit daripada biasanya, hal ini mengakibatkan naiknya tekanan. Inilah yang terjadi pada usia lanjut, dimana dinding pembuluh darah telah menebal dan kaku karena arteriosklerosis.
  • Tekanan darah juga meningkat pada sat terjadi vasokonstriksi, yaitu jika arteri kecil ( arteriola ) untuk sementara waktu mengkerut karena terjadi perangsangan saraf atau hormon di dalam darah.
  • Bertambahnya cairan dalam sirkulasi bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Hal ini terjadi jika terdapat kelainan fungsi ginjal, sehingga tidak mampu membuang sejumlah garam dan air dari dalam tubuh. Volume dalam darah meningkat sehingga tekanan darah juga meningkat.

Itulah secara kronologis, bagaimana hipertensi bisa terjadi. Berikutnya dapat anda pelajari mengenai faktor risiko penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi.

 

FAKTOR RISIKO PENYEBAB HIPERTENSI

Berikut ini adalah hal – hal yang menjadi faktor risiko penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi :

  • Jenis kelamin. Hipertensi lebih banyak terjadi pada pria usia dewasa muda. Tetapi lebih banyak menyerang wanita setelah usia 55 tahun.
  • Umur. Semakin tua umur seseorang, semakin tinggi tekanan darahnya.
  • Keturunan ( genetik ). Seseorang memiliki risiko lebih besar terkena hipertensi jika orang tuanya merupakan penderita hipertensi.
  • Obesitas atau kegemukan. Seseorang yang kegemukan mempunyai risiko 5 kali lebih besar terkena hipertensi daripada orang yang berat badannya normal.
  • Kurang olah raga. Orang yang kurang aktivitas mempunyai detak jantung lebih keras, dan otot jantung bekerja lebih keras pada setiap kontraksi. Ini mengakibatkan tekanan darah meningkat.
  • Kebiasaan merokok. Merokok bisa meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Selain itu akan meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Lebih berbahaya lagi, jika pada saat hipertensi dan tetap merokok, maka akan memicu komplikasi penyakit – penyakit lain yang berhubungan dengan jantung dan darah.
  • Mengkonsumsi garam berlebih. Garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada penderita diabetes, hipertensi, orang dengan usia tua, dan orang kulit hitam.
  • Kolesterol. Kandungan lemak yang berlebih dalam darah menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah, sehingga pembuluh darah menyempit, pada akhirnya akan mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi.
  • Minum alkohol. Alkohol dapat merusak jantung dan juga pembuluh darah. Ini akan mengakibatkan tekanan darah meninggkat atau tinggi.
  • Konsumsi kafein. Kandungan kafein dalam kopi terbukti meningkatkan tekanan darah. Setiap cangkir kopi mengandung 75 – 200 mg kafein, yang berpotensi meningkatkan tekanan darah 5 – 10 mmHg.
  • Stress. Faktor stress dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi. Stress memicu peningkatan aktivitas syaraf simpatis, sehingga meningkatkan tekanan darah.

Semoga tulisan tentang faktor risiko  penyebab hipertensi ini bermanfaat.

INFO :  Hanya asuransi unit link yang bisa memberikan jaminan finansial dan menghindarkan anda dari kebangkrutan,  jika anda mengalami risiko. INGAT ! masa depan keluarga bergantung kepada anda sebagai kepala keluarga.  Baca : Tutorial Asuransi Unit Link

Sumber :Musuh anda setelah usia 40 tahun, Rudi Haryono, Sulis Setianingsih

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Faktor Risiko Dan Penyebab Hipertensi Yang Wajib Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!