Menu Click to open Menus
Home » Diabetes Melitus » Ciri Ciri Diabetes Yang Wajib Diketahui

Ciri Ciri Diabetes Yang Wajib Diketahui

(246 Views) April 16, 2017 9:01 am | No comment

Ciri – ciri diabetes. Informasi berikut ini bagi sebagian orang mungkin sudah menjadi bacaan yang usang, namun bagi anda yang peduli dengan kesehatan, ini akan menjadi hal yang menarik untuk dibaca. Setelah sebelumnya kita mempelajari tentang penyebab diabetes, berikut ini kita akan membahas mengenai apa saja yang menjadi ciri – ciri diabetes. Mengenal ciri – ciri diabetes akan menjadikan kita semakin berhati – hati, paling tidak akan mengurangi risiko dari serangan penyakit diabetes melitus ini.

Pada awalnya, seseorang yang merasakan gejala diabetes tidak akan langsung mengalami kematian namun pada perkembangannya jika tidak segera diobati, penyakit diabetes melitus dapat membawa dampak komplikasi serius yang akan membawa kematian. Sebenarnya ciri- ciri diabetes ini sudah timbul sejak lama namun biasanya tidak pernah diperhatikan penderitanya, bahkan cikal bakal penyakit diabetes ini dianggap kondisi kurang fit biasa.

Orang yang dianggap paling berisiko terkena diabetes adalah jika orang tersebut merupakan keturunan dari penderita diabetes. Untuk itu mengetahui ciri – ciri diabetes adalah sangat penting agar dapat melakukan tindakan antisipasi sebelumnya. Berikut ini adalah ciri – ciri diabetes yang perlu diketahui :

  • Kesemutan pada kaki dan tangan. Ini merupakan ciri – ciri diabetes yang populer, merupakan tanda awal pada saat terjadi peningkatan kadar gula darah menjadi tidak normal.
  • Buang air kecil menjadi lebih sering. Selanjutnya yang menjadi ciri – ciri diabetes adalah merasa ingin buang air kecil namun terlalu sering. Karena ini diluar kebiasaan, maka untuk memastikan apakah ini benar – benar merupakan ciri – ciri diabetes, sebaiknya diperiksakan ke dokter.
  • Penurunan berat badan yang drastis. Jika anda mengalami obesitas, menurunkan berat badan adalah suatu hal yang diinginkan. Untuk kasus yang satu ini, terjadinya penurunan berat badan bukan karena program diet, namun karena adanya penyakit diabetes. Inilah yang ditakutkan, jangan – jangan ini merupakan ciri- ciri diabetes sudah mulai menyerang.
  • Terjadinya peningkatan nafsu makan. Ini juga menjadi tanda atau ciri – ciri diabetes yang biasanya dialami oleh penderitanya. Perasaan lapar yang timbul ini karena makanan yang sudah ditelan tidak dapat masuk ke dalam sel untuk dipakai dalam proses metabolisme. Orang yang menderita penyakit diabetes biasanya merasa lapar yang tidak terkendali.
  • Penglihatan mulai tidak jelas atau kabur. Kondisi ini terjadi karena rusaknya pembuluh darah sehingga terbatasnya cairan yang masuk ke mata. Ini adalah akibat lebih lanjut dari naiknya kadar gula dalam darah. Namun perlu diingat, mata kabur belum merupakan ciri – ciri diabetes. Untuk lebih jelasnya, pemeriksaan dokterlah yang perlu dilakukan.
  • Merasa cepat lelah. Sebenarnya rasa lelah adalah normal bagi setiap manusia, namun itu menjadi persoalan yang serius jika rasa lelah itu datang bukan karena melakukan aktifitas yang berat. Jika anda merasa lelah sekali padahal tidak sedang melakukan pekerjaan yang berat, anda harus waspada karena itu adalah salah satu ciri – ciri diabetes.
  • Jika terjadi luka, sembuhnya lama. Ini juga menjadi ciri – ciri diabetes yang banyak ditemui. Pada penderita penyakit diabetes melitus, daya tahan dan kekebalan tubuh lemah sekali, sehingga jika anggota tubuh mengalami luka makan proses sembuhnya lama sekali, atau bahkan bisa terjadi pembusukan.


Di atas adalah beberapa ciri – ciri diabetes yang biasanya terjadi pada penderita penyakit diabetes, dengan mengenali ciri – ciri, tanda atau gejala penyakit diabetes, mudah – mudahan kita menjadi waspada dan semakin mendorong untuk menerapkan pola hidup sehat.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Ciri Ciri Diabetes Yang Wajib Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!