Menu Click to open Menus
Home » Tips Kesehatan » Ciri – Ciri Dan Tanda Penyakit Ginjal Ini Wajib Anda Tahu
Penting!!
Setiap orang berpotensi "bangkrut" akibat tidak memiliki asuransi. Masa depan keluarga menjadi taruhan. Asuransi Unit Link memberikan manfaat asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan investasi yang akan menjamin masa depan keluarga. Pelajari ... >>> RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK YANG MENGUNTUNGKAN, Klik di sini

______________


Ciri – Ciri Dan Tanda Penyakit Ginjal Ini Wajib Anda Tahu

(342 Views) September 22, 2016 5:32 am | Published by | No comment

Ciri – ciri penyakit ginjal merupakan tanda – tanda yang khas jika mengalami penyakit ginjal. Terkadang tanda – tanda yang dirasakan dianggap sebagi hal yang biasa dan akan sembuh sendiri, padahal jika fungsi ginjal sudah mulai terganggu, itu akan mengakibatkan kondisi yang serius dan memperburuk kondisi ginjal.

Mungkin sebagian dari kita agak bingung dengan ciri – ciri penyakit ginjal yang dirasakan karena sebagian dari tanda – tanda itu juga merupakan gejala dari penyakit lain, sehingga diobati dengan obat yang lain sehingga tidak sembuh. Setelah sekian lama dan penyakit berkembang semakin parah barulah ke dokter dan setelah diadakan pemeriksaan intensif, ternyata positif mengalami penyakit ginjal. Dengan demikian barulah menyadari bahwa gejala yang dirasakan selama ini merupakan ciri – ciri penyakit ginjal.

Namun demikian penyakit ginjal itu memiliki beberapa ciri khas sehingga akan membedakan dengan gejala penyakit lain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa ciri – ciri penyakit ginjal yang wajib kita ketahui :

  1. Terasa mual dan muntah.
  2. Terjadinya pembengkakan pada kaki dan mata, Perubahan warna struktur air seni
  3. Terasa nyeri dan sakit pada saat kencing, Terkadang kencing di sertai darah
  4. Sering bangun di tengah tidur nyenyak hanya untuk kencing
  5. Berkurangnya nafsu makan dan turunnya berat badan
  6. Pembengkakan juga terjadi pada pergelangan kaki dan tangan
  7. Terkadang merasakan sesak nafas/sulit bernafas, juga selalu merasakn lelah dan lemas
  8. Dehidrasi
  9. Sakit perut dan sedikit nyeri pinggang belakang
  10. Tekanan darah tinggi

Demikian ciri – ciri umum yang biasanya dirasakan seseorang yang mengalami penyakit ginjal. Kebiasaan yang salah merupakan salah satu hal yang menjadi pemicu kerusakan fungsi ginjal, kalau sudah begitu berbagai penyakit bisa muncul sebagai komplikasinya.  

 

KEBIASAAN YANG MERUSAK GINJAL

Berikut ini adalah kebiasaan yang dapat menimbulkan permasalahan pada organ ginjal manusia. Ciri – ciri penyakit ginjal di atas sebenarnya didahului oleh beberapa kebiasaan di bawah ini, yang mungkin juga anda lakukan :

  • Kurang minum. Terkadang seseorang lupa untuk cukup rahasia membeli asuransi unit linkkonsumsi air putih, yaitu 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas. Kebiasaan buruk ini bisa menebabkan dehidrasi dan mengganggu kesehatan ginjal secara perlahan.
  • Menahan buang air kecil. Jangan biasakan menahan buang air kecil meski sedang berpergian atau terlalu sibuk. Kebiasaan menahan pipis terlalu lama bisa menyebabkan akumulasi bakteri dalam ginjal, kemudian menjadi infeksi yang merusak ginjal.
  • Asupan protein yang berlebihan. Terlalu banyak konsumsi makanan tinggi protein atau ditambah suplemen protein diduga dapat menningkatkan risiko batu ginjal.
  • Makanan terlalu asin. Konsumsi garam berlebihan atau makanan asin akan membuat ginjal bekerja lebih keras untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam darah Anda, dalam jangka panjang pada akhirnya dapat menyebabkan kegagalan organ.
  • Minum obat penghilang rasa sakit. Minum obat penghilang rasa sakit secara teratur diduga dapat membatasi aliran darah ke ginjal sehingga menyebabkan kerusakan ginjal secara perlahan. Konsultasikan pada dokter apakah perlu selalu minum obat penghilang rasa sakit.
  • Minum alkohol. Minum alkohol berlebihan bisa menyebabkan penumpukkan asam urat yang pada akhirnya bisa memengaruhi fungsi ginjal. Minum alkohol juga bagian dari gaya hidup tidak sehat yang bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit lain.
  • Infeksi. Jangan mengabaikan infeksi pada tubuh mulai dari infeksi virus flu, tonsilitis, infeksi pada perut, dan sebagainya. Sering mengalami infeksi diduga dapat mempengaruhi fungsi ginjal karena mikroorganisme akan melewati ginjal untuk dihilangkan dari tubuh.

Mulai sekarang kita stop kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal. Jika teman – teman sering melakukan kebiasaan di atas, apakah juga merasakan ciri – ciri penyakit ginjal di atas?  Untuk lebih amannya, sekecil apapun tanda – tanda yang dirasakan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter sehingga mendapatkan perawatan yang tepat dan tidak berkembang menjadi penyakit ginjal.

Artikel Yang Masih Berkaitan :

No comment for Ciri – Ciri Dan Tanda Penyakit Ginjal Ini Wajib Anda Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!