Menu Click to open Menus
Home » Komputer » Cara Mudah Mengatasi Printer Errorr Setelah Refill Tinta

Cara Mudah Mengatasi Printer Errorr Setelah Refill Tinta

(435 Views) February 10, 2017 3:43 am | No comment

Printer anda Errorr setelah anda refill atau isi ulang tinta?  jika anda mempunyai pekerjaan yang berhubungan dengan cetak mencetak dokumen pasti suatu saat anda melakukan isi ulang tinta jika tinta sudah habis. Karena jarang sekali ada orang yang langsung mengganti catridge printer jika kehabisan tinta.

Mungkin proses refill tinta ini akan aman – aman saja sehingga pekerjaan anda dapat berlangsung lancar, namun suatu saat yang namanya errorr pada printer pasti akan terjadi. Yang saya masksud errorr di sini adalah printer tidak mau bekerja setelah isi ulang tinta printer.

Pengalaman saya menggunakan printer Canon IP 2770, setelah diisi ulang tinta terkadang mengalami errorr. Berikut ini adalah beberapa kondisi errorr yang biasanya terjadi setelah isi ulang tinta :

  • Setelah dilakukan isi ulang tinta, printer tidak bekerja padahal sudah posisi ON tersambung dengan komputer dan listrik.
  • Ada pesan bahwa printer offline, padahal sudah on dan tersambung dengan komputer.
  • Ada pesan pada printer bahwa catridge tidak dikenal
  • Tombol resume berkedip terus

Bagi orang awam seperti saya, kondisi errorr tersebut langsung membuat panik, apalagi jika sedang mengerjakan tugas penting.

 

SOLUSI YANG BISA DILAKUKAN

Saya memberikan solusi ini bukan karena saya jago komputer, namun karena melalui proses pengalaman mengatasi errorr yang saya pelajari dari berbagai sumber di internet. Berikut ini beberapa solusi yang dapat dilakukan :

  • tekan terus tombol resume hingga terdengar bunyi printer sedang berproses. Printer biasanya akan normal kembali.
  • mereset printer dengan cara manual. Caranya dapat anda cari sendiri di internet.
  • mereset printer dengan software resetter printer. Software ini dapat anda cari di internet dengan gratis di internet sekaligus cara menggunakannya untuk reset printer. Cara ini bisa juga dilakukan, namun jika pada saat menggunakan software tersebut muncul pesan “errorr 009” , biasanya tidak akan berhasil.
  • Install ulang printer

 

JIKA TIDAK BERHASIL

Ketiga cara di atas pernah saya coba dan ketiga – tiganya berhasil menormalkan kembali printer saya. NAMUN … terakhir saya mengalami errorr setelah isi ulang tinta, membuat saya pusing karena ketiga cara di atas tidak mempan dan printer tetep errorr. Lalu bagaimana solusinya?

Tidak saya duga, ternyata solusinya sepele sekali yaitu dengan menggunakan penghapus pensil. Caranya ( lihat gambar di bawah ):

cara mengatasi printer errorr setelah diisi ulang tinta

  • siapkan penghapus pensil yang bersih
  • gosok perlahan – lahan secara merata bagian kotak – kotak kecil berwarna emas yang saya tandai, dengan menggunakan penghapus pensil.
  • bersihkan, jangan sampai ada kotoran penghapus yang masih menempel.
  • kembalikan catridge pada tempatnya lalu tutup lagi, secara otomatis printer akan merespon, dan akan kembali normal.

Itu saja pengalaman saya bagaimana cara mengatasi printer yang errorr dan tidak mau bekerja setelah isi ulang tinta. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Cara Mudah Mengatasi Printer Errorr Setelah Refill Tinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!