Menu Click to open Menus
Home » Blogging » Cara Membuat Menu Di Blog WordPress
Penting!!
Setiap orang berpotensi "bangkrut" akibat tidak memiliki asuransi. Masa depan keluarga menjadi taruhan. Asuransi Unit Link memberikan manfaat asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan investasi yang akan menjamin masa depan keluarga. Pelajari ... >>> RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK YANG MENGUNTUNGKAN, Klik di sini

______________


Cara Membuat Menu Di Blog WordPress

(259 Views) September 26, 2016 4:56 am | Published by | No comment

Cara membuat menu di blog. Memiliki blog dengan menu atau navigasi yang mudah sangat penting agar pengunjung menjadi lebih mudah menjelajahi konten – konten blog. Sehingga jika kontennya bermanfaat, pengunjung akan berlama – lama membaca halaman demi halaman. Ini di mata Google akan bagus sekali, google akan menilai blog tersebut sebagai blog yang bermanfaat untuk pengunjung sehingga bagus untuk SEO dan Google menganggap layak untuk ditampilkan pada listing hasil pencarian. 

Untuk itu perlu dibuat menu yang akan mempermudah pengunjung untuk menemukan artikel – artikel lainnya. Agar menu itu dapat dengan mudah dilihat oleh pengunjung, biasanya menu itu diletakkan pada bagian atas halaman blog, tepatnya di bawah header. Lalu bagai mana cara membuat menu di blog? 

Untuk membuat menu pada blog seperti wordpress caranya mudah sekali dan anda tidak perlu mengutak – atik kode HTML, cukup melakukan pengaturan pada menu yang sudah disediakan pada dashboard. Sebagai ilustrasi, berikut ini saya berikan langkah – langkah cara membuat menu di blog wordpress :

1. Buka dashboard blog anda,  www.bloganda.com/wp-admin, lalu akan terbuka dashboard blog wordpress anda seperti di bawah ini :

cara membuat menu di blog

 

Pilih menu “appearance”,  pada sebelah kanannya akan muncul sub menu, pilih saja “menus”. Setelah itu akan muncul halaman pengaturan menu seperti di bawah ini :

cara membuat menu di blog

 

2. Pertama kita harus membuat nama menu. Pada contoh di atas, saya membuat nama menu “top menu”. Setelah itu klik “save menu”. Pada sebelah kiri, ada harus memilih mana yang akan ditampilkan sebagai menu, anda tinggal memilihnya. Untuk membuat menu dengan tautan pilihan sendiri, anda bisa memilih bagian custom link. Dengan custom link, anda bisa membuat menu dengan tautan atau link yang mengarah halaman blog tersebut atau ke website lainnya. Pada contoh di atas, saya memilih categories untuk ditampilkan sebagai menu. Setelah “categories” diklik, berikan tanda checklist pada kategori yang dipilih. Lalu klik “add to menu”.

3. Pada bagian kanan, daftar menu yang kita buat akan ditampilkan. Anda dapat merubah urutan menu dengan melakukan drag menu, caranya : klik dan tahan mouse, geser ke atas atau ke bawah sesuai urutan yang diinginkan. Jika sudah, lihat bagian bawah, berikan tanda checklist pada “main navigation”. Setelah itu klik “save menu”. Selesai, menu yang dibuat sudah ditampilkan pada blog seperti gambar di bawah ini ( tanda lingkaran hijau ).

cara membuat menu di blog

 

Demikianlah cara membuat menu di blog yang saya contohkan pada blog wordpress, mudah bukan? selamat mencoba.

Artikel Yang Masih Berkaitan :

No comment for Cara Membuat Menu Di Blog WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!