Menu Click to open Menus
Home » Blogging » Cara Membuat Link Atau Tautan Di Blog

Cara Membuat Link Atau Tautan Di Blog

(1118 Views) September 27, 2016 2:39 am | No comment

Cara membuat link di blog sebenarnya mudah saja, apalagi blog kita berbasis wordpress atau blogspot, tinggal menyeleksi atau memblok kata yang ingin ditambahkan link lalu tekan tombol ikon link, sudah selesai.

Untuk lebih jelasnya, di bawah saya berikan tutorialnya. Sebelum menjelaskan cara membuat link di blog,  saya ingin menjelaskan apa itu link. Link atau biasa disebut juga “tautan” adalah kata atau kalimat yang jika diklik, maka akan merujuk halaman atau lokasi yang dituju.

Disamping itu, pembuatan link atau hyperlink itu merupakan langkah standar dalam  SEO ( Search Engine Optimization ) atau proses pengoptimalan situs di search engine atau mesin pencari seperti Google dan yahoo. Dengan membuat link yang benar, blog anda akan lebih mudah menembus halaman 1 pencarian Google. Anda dapat belajar SEO selengkapnya dengan mendownload tutorialnya, klik belajar SEO.

Sebenarnya jenis atau macam link itu banyak, namun di bawah ini saya jelaskan yang sederhana saja. Link sebenarnya terdiri dari rangkaian kode HTML. Untuk membuat link pada halaman web statis, anda harus menuliskan kode HTML secara manual. Lihat contoh link “jenis atau macam link” di atas,  jika dituliskan ke dalam kode HTML akan nampak seperti berikut ini :

<a href=”http://edyutomo.com/internet-dan-komputer/macam-link-dan-cara-menuliskannya”>jenis atau macam link</a>.

Namun jika anda membuat blog menggunakan blog engine seperti wordpress dan blogspot, cara membuat link di blog dapat dilakukan dengan mudah,  cukup tekan tombol atau ikon link saja.

Berikut ini adalah langkah – langkah cara membuat link di blog :

cara membuat link di blog

 

Lihat gambar di atas, misalnya kita akan membuat link pada kalimat “jenis atau macam link” , yang perlu anda lakukan adalah : blok kata tersebut, lalu klik ikon link berbentuk rantai seperti di atas ( bertanda merah ).  Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti di atas, lalu masukkan alamat URL halaman yang dituju, lalu klik tombol “enter” ( panah ke kiri ) yang berada di sebelahnya.

Berikut ini adalah hasilnya :

cara membuat link di blog

 

 

Lihat gambar di atas, link berhasil kita buat, biasanya ditandai dengan perubahan warna teks pada kata tersebut, selain itu jika penunjuk mouse ditempelkan pada kata tersebut maka penunjuk mouse berubah menjadi jari tangan menunjuk. jika diklik, maka akan terbuka halaman baru yang dituju.

Itu saja cara membuat link di blog, mudah bukan?

Artikel terkait : cara membuat menu di blog

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Cara Membuat Link Atau Tautan Di Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!