Menu Click to open Menus
Home » Blogging » Cara Membuat Blog Atau Website Profesional Dengan Mudah

Cara Membuat Blog Atau Website Profesional Dengan Mudah

(1651 Views) April 29, 2017 7:40 am | 4 Comments

Cara membuat blog sebenarnya mudah sekali, kenapa dibilang mudah? karena sekarang ini banyak sekali situs yang menyediakan mesin pembuat blog ( Content Management System ) sehingga untuk membuat blog sendiri atau website tinggal memposting artikel saja tanpa dipusingkan dengan urusan kode HTML. Cara membuat blog sendiri mudah sekali,  kita hanya perlu bermodal email gratis untuk membuat akun pada situs penyedia blog gratis seperti Blogger atau Blogspot dan WordPress.com.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana cara membuat blog, apa sih beda antara blog dengan website. Kalau menurut saya pribadi, antara blog dan website sebenarnya sama saja, yang membedakan hanya persoalan historis saja.

Pada jaman dahulu blog digunakan untuk menulis jurnal harian, istilahnya buku harian online, yang ciri khas nya adalah dengan adanya kolom komentar dari pengunjung, namun seiring perkembangan jaman blog fungsi blog sudah semakin kompleks menjadi alat pemasaran yang efektif seperti halnya website.

Sedangkan website pada awalnya dibangun menggunakan kode HTML, sehingga menghasilkan halaman situs statis. Untuk cara ini mau tidak mau kita harus belajar HTML yang tentu saja rumit dan bikin pusing buat pemula. Kembali masalah fungsi, karena keduanya sama – sama bisa digunakan sebagai sarana untuk mempublikasikan tulisan juga dapat sebagai sarana marketing, maka sekarang ini antara blog dan website adalah sama saja.

Disamping membuat blog atau website dengan cara gratis, kita juga dapat membuat website atau blog dengan nama domain sendiri alias berbayar. Jadi untuk memiliki blog atau website dengan domain sendiri kita harus menyediakan anggaran untuk menyewa domain dan hosting.

Bagi yang serius terjun di dunia online, biasanya yang menjadi pilihan adalah membuat blog dengan wordpress dengan domain dan hosting sendiri, karena akan terkesan lebih profesional dengan alamat URL yang dipilih sendiri. Beda jika kita membuat blog dengan cara gratis, alamat blog kita tentunya hanya sebagai sub domain dari penyedia blog engine seperti Blogspot dan WordPress.com.

Untuk melangkah ke teknik cara membuat website atau blog, di bawah ini saya berikan tutorialnya :

 

A. TUTORIAL CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DENGAN BLOGGER ATAU BLOGSPOT

Di bawah ini adalah langkah – langkah cara membuat blog di blogspot atau blogger yang disertai gambar seperti berikut ini :

1. Buka www.blogger.com pada browser anda, jika anda sudah mempunyai akun di Google kemudian masukkan email dan password,dan klik ” masuk ” jika belum silakan klik “daftar ” untuk membuat akun

cara membuat blog dengan blogger blogspot

2. Setelah anda mengklik ” masuk ” akan muncul seperti gambar di bawah ini

cara membuat blog dengan blogger blogspot

3. Kemudian klik ” blog baru ” dan akan muncul gambar seperti di bawah ini

cara membuat blog dengan blogger blogspot

4. Isi judul dan alamat blog yang diinginkan kemudian klik ” buat blog “

cara membuat blog dengan blogger blogspot

5. Selamat ! blog anda sudah jadi, klik ” mulai mengeposkan ” untuk membuat artikel pertama anda. Sebuat cara membuat blog sendiri paling mudah bagi pemula sekalipun.

 

B. TUTORIAL CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DENGAN WORDPRESS.COM

Disamping cara membuat blog gratis dengan blogger atau blogspot di atas, blog gratis juga dapat dibuat dengan wordpress.com.  WordPress.com atau id.wordpress.com sebenarnya sama saja, yang membedakan adalah tampilan bahasanya saja, pada id.wordpress indonesia tampilan bahasanya adalah bahasa indonesia.

Langkah – langkah cara membuat blog dengan wordpress gratis, mudah sekali … anda hanya membutuhkan akun WordPress untuk membuat blog di WordPress. OK, simak langkah – langkah membuat blog di WordPress  berikut ini :

1. Buka browser anda kunjungi id.wordpress.com, akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini

cara membuat blog wordpress

2. Klik saja ” memulai ” akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini

cara membuat blog wordpress

3. Isilah kolom formulir di atas, sesuaikan dengan email anda sendiri, nama pengguna, kata sandi dan alamat blog anda, kemudian klik ” buat blog “, akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini

cara membuat blog wordpress

4. Buka email anda untuk mengaktifkan blog anda, lihat gambar di bawah ini

cara membuat blog wordpress

5. Klik saja ” aktivate blog ” untuk mengaktifkan blog anda, sehingga akan muncul halaman seperti di bawah ini

cara membuat blog wordpress

Selamat! anda sudah bisa membuat blog sendiri.

 

C. TUTORIAL CARA MEMBUAT BLOG WORDPRESS DENGAN HOSTING MILIK SENDIRI ( SELF HOSTED )

Untuk jenis blog yang satu ini, kita bisa memiliki blog dengan nama domain pilihan sendiri juga menyimpan file di hosting milik sendiri ( self hosted ).

Berikut ini adalah langkah – langkah cara membuat blog di wordpress di hosting milik sendiri :

1. Buka cpanel hosting anda, www.situsanda.com/cpanel, setelah anda login akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini :

cara membuat blog wordpress

2. Kemudian klik ” softaculous ” ( bertanda merah ) atau bisa juga ” fantastico ” ini tergantung dari hosting yang anda sewa. Kemudian akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini

cara membuat blog wordpress

3. Klik ” install ” , nanti akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini :

cara membuat blog wordpress

Jika blog anda akan diletakkan di domain utama maka kolom ” in directory ” harus anda kosongkan, sehingga alamat blog anda menjadi www.situsanda.com.

Namun jika blog anda akan diletakkan pada directory, maka kolom ” in directory ” harus anda isi dengan nama yang anda inginkan, misalnya : ” blogsaya “, sehingga alamat blog anda akan menjadi www.situsanda.com/blogsaya

Kemudian yang perlu anda isi adalah :

Site name : silakan diisi dengan judul blog, sesuai dengan topik yang diinginkan.
Site description : silakan diisi dengan deskripsi atau keterangan singkat dari blog anda, yang menggambarkan topik dari blog anda.

Disamping itu yang harus anda ini adalah kolom username dan password, isi sesuai selera anda.

Setelah semuanya anda isi, kemudian klik ” install ” , dan akan muncul halaman seperti di bawah ini

cara membuat blog wordpress

Selamat..!! instalasi blog anda sudah selesai.

Pada contoh di atas saya menginstall blog wordpress di directory ” blogsaya ” , sehingga alamat blog saya adalah www.edyutomo.com/blogsaya.

Untuk membuat postingan artikel dan mengedit konfigurasi blog anda, maka jika blog anda diletakkan di domain utama, dashboard blog anda dapat diakses di alamat www.situsanda.com/wp-admin

Kalau blog anda diletakkan di directory, maka dashboard anda dapat diakses di alamat www.situsanda.com/namaDirectory/wp-admin.

Silakan coba kunjungi blog wordpress anda yang telah diinstall di hosting milik sendiri. Lihat tampilannya seperti gambar di bawah ini

cara membuat blog wordpress

MENGOPTIMALKAN BLOG DI SEARCH ENGINE

Apapun tujuan anda membuat blog, apakah itu blog informasi atau blog penjualan, anda membutuhkan banyak penguinjung setiap harinya. Apa jadinya jika anda memiliki blog namun tidak ada pengunjungnya, tentu tujuan anda membuat blog tidak tercapai.

Untuk mendapatkan tingkat kunjungan yang tinggi, blog anda harus dapat menduduki halaman pertama, lebih bagus lagi jika bisa menduduki peringkat satu pada halaman hasil pencarian Google. Solusinya mudah anda perlu melakukan langkah – langkah SEO ( Search Engine Optimization ). Diperlukan teknik SEO yang lebih dari sekedar SEO standar, pelajari selengkapnya : belajar SEO .

Artikel terkait :

Template WordPress terbaik untuk google adsense

BAGIKAN ARTIKEL INI :

4 Comments for Cara Membuat Blog Atau Website Profesional Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!