Menu Click to open Menus
Home » Hipertensi » Buah, Sayuran, Makanan Penurun Darah Tinggi Yang Ampuh

Buah, Sayuran, Makanan Penurun Darah Tinggi Yang Ampuh

(1362 Views) May 13, 2017 8:09 am | No comment

Makanan penurun darah tinggi. Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran, buah atau sumber makanan yang terbukti efektif sebagai penuruh tekanan darah tinggi.

Jika kita sedang sakit dan periksa ke dokter, biasanya dokter akan melakukan pengecekan tingkat tekanan darah, karena bisa saja tekanan darah juga tinggi pada saat kita mempunyai keluhan atau sakit. Sehingga dokter dapat mengambil tindakan yang tepat. Ada banyak kasus … penderitanya tidak mengetahui dengan pasti apa yang menjadi penyebab hipertensi sehingga tiba – tiba tekanan darah menjadi tinggi. Apalagi jika seseorang adalah keturunan dari penderita hipertensi, tentu ini adalah faktor risiko hipertensi yang tidak dapat dihindari.

Dari sekian banyak kasus penyakit tekanan darah tinggi, tidak sedikit penderita yang sembuh hanya dengan meminum obat darah tinggi tradisional. Disamping obat darah tinggi tradisional, ternyata alam Indonesia yang kaya ini juga memberikan solusi, ada banyak jenis makanan penurun darah tinggi yang dapat menjadi alternatif. Diantaranya adalah berbagai jenis buah, juga bahan sayuran yang juiga efektif sebagai penurun tekanan darah tinggi.

 

BUAH PENURUN DARAH TINGGI

Seperti yang sudah saya singgung di atas, sumber makanan penurun darah tinggi bisa terdiri dari buah, ada juga dari jenis sayuran. Untuk makanan penurun darah tinggi yang bersumber dari buah – buahan adalah sebagai berikut :

  • Buah Mengkudu. Mengkudu adalah salah satu buah yang dikenal banyak memiliki khasiat dan banyak digunakan sebagai obat untuk membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Salah satu khasiat buah mengkudu yaitu penurun darah tinggi yang efektif. Selain bermanfaat untuk membantu mengeluarkan racun yang ada pada tubuh, mengkudu juga memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah.
  • Buah Alpukat. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan masker wajah alami,  buah alpukat juga merupakan penurun darah tinggi yang terbukti efektif.  Buah Alpukat memiliki banyak kandungan seperti serat, kalsium, vitamin C, serta Vitamin E. Beberapa kandungan yang ada dalam alpukat tersebut berguna untuk membantu tubuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Buah Semangka. Buah semangka memiliki beberapa kandungan diantaranya seperti lycopene, serat, kalium serta vitamin A yang bisa bermanfaat bagi penderita hipertensi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh universitas florida amerika, mengungkapkan bahwa kandungan asam amino atau juga disebut L-citrulline yang ada pada buah semangka dapat berguna membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Buah Jeruk. Buah jeruk dikenal banyak memiliki kandungan akan vitamin C nya. Selain itu, pada buah jeruk juga memiliki kandungan kalium dan potasium yang bisa membantu membuat peredaran darah menjadi lebih lancar dan mengendalikan tekanan darah anda.
  • Buah Pisang. Ini memang buah multi manfaat, selain daging buahnya sebagai sumber makanan penurun darah tinggi, kulitnya dapat dimanfaatkan sebagai masker kulit pisang. Ini dikarenakan pada buah pisang banyak mengandung akan kalium serta potasium yang tinggi yang berguna untuk membantu mengendalikan tekanan darah. Selain itu, buah pisang juga memiliki manfaat untuk menyeimbangkan efek garam dan membuat fungsi organ ginjal meningkat karena kandungan mineralnya.
  • Buah Blewah. Termasuk ke dalam sumber makanan penurun darah tinggi,  buah blewah banyak mengandung akan potasium yang tinggi. Sehingga ini menjadikan buah blewah menjadi salah satu buah untuk membantu menurunkan hipertensi.
  • Buah Melon. Buah melon juga memliki kandungan potasium yang tinggi yang membuat buah ini dapat dimanfaatkan sebagai buah untuk menurunkan darah tinggi. Anda bisa mengonsumsi buah melon secara langsung atau bisa juga dengan menjadikannya menjadi jus melon.
  • Buah Kiwi. Buah kiwi juga merupakan salah satu buah yang disarankan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Pada buah kiwi banyak mengandung akan vitamin C, potasium serta antioksidan yang berguna untuk membantu dalam mengontrol tekanan darah anda tetap terjaga.

Catatan : khusus buah, hindari durian, buah kering, buah kaleng dan buah yang diawetkan dengan zat pengawet.

 

SAYURAN PENURUN DARAH TINGGI

Disamping berbagai jenis buah seperti di atas, makanan penurun darah tinggi juga dapat berupa sayuran, yang jika anda konsumsi … dapat menjadi solusi tradisional untuk menurunkan darah tinggi. Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran yang dapat dimanfaatkan sebagai penurun tekanan darah tinggi, antara lain :

  • Tomat. Kali ini bukan untuk menghilangkan jerawat lho ya … Tomat merupakan salah satu sayuran yang banyak memiliki kandungan mineral serta vitamin. Beberapa kandungan pada tomat diantaranya seperti kalium, kalsium, magnesium, serta vitamin C. sehingga hal ini membuat tomat baik sebagai makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi tomat kurang lebih selama 4 bulan berguna menurunkan tekanan darah diastolik rata-rata turun 4 point serta tekanan darah sistolik rata-rata turun sekitar 10 point.
  • Mentimun. Mentimun sudah dikenal sebagai salah satu sayuran penurun tekanan darah tinggi. Hal ini karena kandungan potasium yang tinggi pada mentimun mampu membuat tekanan darah tinggi menurun. Ada baiknya bagi anda penderita hipertensi untuk menambahkan mentimun pada menu makanan anda.
  • Bayam. Sayuran bayam adalah salah satu sayuran sumber serat yang tinggi. Pada bayam juga mengandung kalium yang berguna sebagai zat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Kentang. Kentang merupakan salah satu jenis tanaman sumber karbohidrat yang banyak memiliki kandungan diantaranya seperti potasium serta magnesium. Kadnungan yang ada pada kentang tersebut bermanfaat sebagai senyawa untuk membantu menurunkan tensi darah yang tinggi.
  • Bawang Putih. Bawang putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat bawang putih adalah berkhasiat untuk membantu mencegah adanya pembekuan darah dan juga berguna untuk menekan efek dari tekanan darah tinggi. Anda bisa menambahkan bawang putih pada masakan anda untuk membantu menyembuhkan darah tinggi.
  • Buncis. Sayuran untuk menurunkan darah tinggi berikutnya adalah buncis. Buncis adalah salah satu jenis sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin serta mineral yang bermanfaat untuk dijadikan makanan alternatif untuk membantu menyembuhkan tekanan darah tinggi.
  • Kedelai. Sama halnya seperti seledri, pada kedelai juga banyak mengandung akan magnesium serta kalium yang tinggi. Kedua kandungan yang ada pada kacang kedelai ini berguna untuk membantu mengendalikan tekanan darah tetap terjaga.
  • Seledri. Sayuran hijau yang bisa dijadikan sayuran untuk menurunkan darah tinggi adalah seledri. Pada seledri juga banyak mengandung kalsium serta kalium. Anda dapat menambahkan seledri pada menu makanan anda untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi.

Catatan : khusus sayuran, hindari sayuran yang diawetkan, sawi asin,acar, asinan dan sayuran dalam kaleng.

 

MAKANAN YANG AMAN UNTUK PENDERITA TEKANAN DARAH TINGGI

Mengalami tekanan darah tinggi memang harus berhati – hati, terutama dalam soal makanan, ada beberapa diantaranya adalah makanan pantangan darah tinggi. Disamping pengetahuan tentang jenis makanan penurun darah tinggi dan juga pantangan darah tinggi yang harus dihindari, berikut ini adalah beberapa makanan yang aman dikonsumsi bagi penderita darah tinggi antara lain :

  • Nasi, kentang, bihun, tepung beras, terigu, maizena, hunkwee, ubi dan singkong
  • Roti Gandum – Bagi penderita tekanan darah tinggi, anda bisa mengganti sarapan nasi anda dengan roti gandum. Roti gandum dapat menjadi altenatif pengganti nasi bagi penderita hipertensi.
  • Daging, ayam, ikan, telur dan susu cukup 1 gelas sehari.
  • Minyak Zaitun – Kandungan akan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah tetap terjaga. Selain itu, minyak zaitun juga baik untuk kesehatan jantung.
  • Tahu, tempe, kacang hijau, kacang kedelai, kacang tolo, kacang tanah, kacang kapri dan kacang lain yang segar.
  • Yogurt – Yogurt adalah salah satu hasil dari olahan susu yang memiliki beberapa kandungan dinataranya seperti kalium, magnesium, serta kalsium yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Oatmeal – Oatmeal merupakan salah satu produk olahan gandum yang baik dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi sebagai alternatif pengganti nasi saat sarapan pagi.

Itulah sumber – sumber bahan makanan seperti buah – buahan dan sayuran yang terbukti sebagai penurun darah tinggi yang efektif. Membiasakan pola hidup sehat merupakan langkah yang bijak untuk memperpanjang umur.

INFO :
Jika anda peduli pada masa depan anak dan keluarga, sudahkah anda menyiapkan proteksi … jika anda sebagai kepala keluarga mengalami risiko. Hanya ASURANSI UNIT LINK yang bisa memberikan perlindungan menyeluruh, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dana pensiun dan dana pendidikan DALAM SATU POLIS. Baca : Tutorial Asuransi Unit Link

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Buah, Sayuran, Makanan Penurun Darah Tinggi Yang Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!