Menu Click to open Menus
Home » Tips Kesehatan » Buah Penurun Darah Tinggi Ini Terbukti Efektif

Buah Penurun Darah Tinggi Ini Terbukti Efektif

(688 Views) June 29, 2016 11:22 pm | No comment

Buah penurun darah tinggi. Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penyakit ini adalah termasuk jenis penyakit mematikan yang populer di Indonesia bahkan di dunia. Tekanan darah yang tidak normal dapat membawa kematian bagi penderitanya. Walaupun begitu, ternyata beberapa jenis buah dapat menjadi solusi untuk menurunkan darah tinggi.

Lalu mengapa buah dihubungkan dengan pengobatan darah tinggi, seberapa efektifkah? sebenarnya dikonsumsi dengan teratur, beberapa jenis buah dapat menjadi penurun darah tinggi secara alami.

Tahukah anda, mengapa beberapa buah dapat menurunkan tekanan darah tinggi? penelitian menyimpulkan bahwa tekanan darah tinggi itu berhubungan dengan kadar tinggi kalium. Dengan kalium, efek natrium pada tekanan darah dapat dikurangi, disamping itu kalium dapat menyeimbangkan elektrolit.

Konsumsi kalium yang rutin 4.100 mg/hari dapat menurunkan tekanan darah (sistol / diastol) rata – rata 2.8 /1.1 mm Hg pada mereka yang mempunyai tekanan darah normal dan dapat menurunkan tekanan darah (sistol / diastol) rata -rata 7.2 /2.8 mm Hg pada mereka yang mempunyai darah tinggi.

Dengan latar belakang itulah beberapa jenis buah dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan kalium yang tinggi pada buah tersebut. Dengan adanya buah penurun darah tinggi paling tidak akan memberikan efek positif secara alami, mudah dan tanpa efek samping.

Berikut ini adalah beberapa jenis buah penurun darah tinggi yang direkomendasikan, agar anda dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan mudah :

  • Melon. Buah segar ini merupakan sumber vitamin A, vitamin C, thiamin, magnesium, folat dan kalium yang sangat baik. Melon merupakan buah penurun tekanan darah tinggi yang baik karena dalam 100 gr melon terdapat 280 mg kalium.
  • Pisang. Ini merupakan buah serbaguna. Pisang dapat dimakan sebagai camilan atau dapat ditambahakan sebagai irisan untuk sereal pagi ataupun pada salad buah. Sebagai buah obat darah tinggi, satu pisang berukuran sedang mengandung 422 mg kalium. Selain itu pisang juga dapat memberikan rasa kenyang untuk waktu yang lama.
  • Aprikot. Buah ini dikenal merupakan sumber kalium dan vitamin A yang sangat baik. Aprikot mungkin merupakan salah satu buah terbaik yang memiliki kalium di dalamnya karena dalam 100 gr aprikot kering terdapat 1.850 mg kalium.
  • Jeruk dan lemon. Buah jeruk terkenal karena kandungan vitamin C mereka yang tinggi. Jeruk yang tinggi nutrisi dan rendah kalori. Dengan kandungan kalium 326 mg dalam satu buahnya, jeruk merupakan salah satu buah untuk menurunkan darah tinggi yang terbaik.
  • Alpukat. Ini adalah jenis buah yang kaya akan berbagai macam vitamin dan tinggi lemak tak jenuh tunggal dan kalium. Alpukat juga memiliki lemak yang unik yang disebut avocadene, yang memiliki efek penyembuhan terhadap sejumlah penyakit termasuk tekanan darah tinggi. Alpukat sangat rendah kolesterol dan merupakan buah untuk darah tinggi yang direkomendasikan karena dalam 100 g alpukat terdapat 485 mg kalium
  • Blewah. Buah yang satu ini merupakan sumber vitamin A, vitamin C dan kalium yang sangat baik. Blewah termasuk buah untuk darah tinggi yang baik dan bisa menjaga kesehatan jantung karena dalam 100 gr blewah terdapat 309 mg kalium.

Konsumsi garam atau natrium yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat jantung dan pembuluh darah bekerja lebih berat dari biasanya. Sedangkan peningkatan konsumsi kalium akan membantu menurunkan tekanan darah. Pemilihan buah yang tepat yang mengandung banyak kalium dapat menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Itulah beberapa jenis buah untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Pelajari artikel tentang darah tinggi selengkapnya :
http://edyutomo.com/hipertensi/

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Buah Penurun Darah Tinggi Ini Terbukti Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!