Menu Click to open Menus
Home » Tips Kesehatan » Benarkah Olahraga Basket Dapat Meninggikan Badan?

Benarkah Olahraga Basket Dapat Meninggikan Badan?

(194 Views) August 22, 2017 3:31 am | No comment

Basket meninggikan badan. Sering kita dengar bahwa bermain bola basket dapat membantu meninggikan badan. Ketika bermain basket, adanya teknik – teknik berupa lompatan yang tinggi … mungkin ini yang dianggap sebagai gerakan yang merangsang pertumbuhan tinggi badan. Walaupun begitu, olah raga bukan satu – satunya faktor pemicu pertumbuhan tinggi badan.

Badan akan terus tumbuh mulai seseorang kecil sampai remaja. Ketika lahir, tinggi badan sekitar 50 cm, beranjak umur setahun tinggi badan menjadi 75 cm. Kemudian pada umur dua tahun tinggi badan menjadi 87 cm. Antara umur 10-13 tahun, tiap tahun tubuh akan meninggi sekitar 4-6 cm. Dan ketika masa remaja laki-laki akan meninggi sekitar 30 cm dan wanita sekitar 20-25 cm.

Menurut para pakar, agar mendapatkan badan yang tinggi, maka aktivitas yang terpenting adalah olahraga dan tidur. Olahraga akan mempercepat pengeluaran hormon pertumbuhan, sama seperti tidur 45-90 menit. Di samping itu, orang yang ingin badannya tinggi harus menjaga keseimbangan pola makan dengan menghindari makan yang mengandung banyak lemak, makanan bergula dan menghindari stres.

 

GERAKAN BASKET MEMBANTU MENINGGIKAN BADAN

Beberapa peneliti berpendapat bahwa gerakan melompat seperti yang diajarkan pada teknik dasar bola basket dapat membuat tubuh melepaskan hormon pertumbuhan, dan hormon inilah yang memicu pertumbuhan tinggi badan. Melompat juga dapat meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh yang bekerja saat melompat, seperti kaki dan tulang belakang, sehingga juga dapat membantu meninggikan badan. Hal ini mungkin benar, tapi bukan berarti main basket dapat langsung membuat tinggi badan Anda bertambah dan Anda lebih tinggi.

Olah raga basket dapat menambah tinggi badan tapi tidak secara langsung. Orang yang rajin main basket bisa saja tidak lebih tinggi daripada orang yang tidak main basket. Hal ini bisa terjadi karena memang tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, tidak hanya dari main basket.

Namun begitu, Anda disarankan untuk melakukan olahraga (tidak hanya basket) sebagai upaya untuk membantu pertumbuhan tubuh, termasuk pertumbuhan tinggi badan. Kombinasi antara gen, nutrisi, dan hormon pertumbuhan yang baik dapat menghasilkan pertumbuhan tinggi badan yang optimal.

 

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGGI BADAN

Hal – hal yang dapat mempengaruhi tinggi badan tentu tidak hanya masalah olah raga seperti yang dibahas di atas. Ada beberapa hal lain yang sangat menentukan dan mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi tinggi badan Anda adalah:

  • Hormon. Hormon dalam tubuh tentu dapat memengaruhi pertumbuhan tinggi badan yang Anda punya. Pertumbuhan tulang sangat erat kaitannya dengan hormon, terutama hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan dapat dilepaskan oleh tubuh saat Anda melakukan aktivitas, seperti berolahraga, dan saat Anda tidur.
  • Keturunan. Ini merupakan salah satu faktor utama yang dapat memengaruhi tinggi badan Anda. Genetik bisa Anda dapatkan dari kedua orangtua Anda, dari ayah dan ibu. Jika kedua orangtua Anda mempunyai badan yang tinggi, Anda mempunyai kesempatan lebih besar untuk bisa tinggi.
  • Nutrisi. Nutrisi atau unsur gizi yang Anda dapatkan dari kecil, bahkan sejak Anda berada dalam kandungan turut memengaruhi pertumbuhan tinggi badan Anda. Nutrisi yang kurang terpenuhi dapat menyebabkan pertumbuhan tulang Anda terhambat. Sebaliknya, nutrisi yang cukup sejak kecil dapat mendukung pertumbuhan tulang Anda, sehingga Anda bisa mencapai tinggi badan optimal. Beberapa nutrisi yang memengaruhi pertumbuhan tulang adalah kalsium, fosfor, seng, magnesium, dan kromium.
  • Tidur. Tahukah Anda bahwa hormon pertumbuhan yang mendukung pertambahan tinggi badan banyak dilepaskan pada saat Anda tidur nyenyak? Tak heran, anak kecil membutuhkan tidur lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Karena, saat tidur, tubuh anak banyak melakukan pertumbuhan.
  • Olahraga. Upayakan untuk selalu berolahraga (apapun itu olahraganya) saat remaja, sebelum pertumbuhan tinggi badan Anda berhenti. Remaja merupakan kesempatan terakhir Anda untuk memperbaiki tinggi badan yang Anda punya. Karena, setelah remaja, pertumbuhan tulang untuk tumbuh memanjang akan berhenti. Olahraga yang bisa Anda lakukan selain permainan basket adalah berenang, voli, yoga, dan lainnya.
BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Benarkah Olahraga Basket Dapat Meninggikan Badan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!