Menu Click to open Menus
Home » Peluang Usaha » Bagaimana Si Pemalu Ini Sukses Berwirausaha

Bagaimana Si Pemalu Ini Sukses Berwirausaha

(374 Views) April 27, 2017 12:20 am | No comment

Sukses dalam berwirausaha itu tidak bisa “ujug – ujug” , ada berbagai jalan liku yang harus dilalui. Yang paling enak tentunya terlahir dari keluarga serba berkecukupan, bisa mencapai pendidikan tertinggi tanpa memikirkan biaya, setelah lulus mendapatkan fasilitas hingga mendapatkan pekerjaan idaman dengan gaji tinggi.

Namun yang paling menarik buat saya adalah banyak sekali orang yang sukses dalam wirausaha karena terpaksa oleh keadaan, sebagaimana kita tahu di negara tercinta ini lapangan kerja sangat sedikit namun peminatnya ribuan kali lipat sehingga sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Yang lebih realistis ya … mencari peluang usaha yang tepat untuk berwirausaha, syukur – syukur bisa menciptakan lapangan kerja.

Untuk membuka usaha, terkadang dihadapkan pada kendala yaitu modal, keahlian bahkan perasaan malu jika harus dimulai dari skala kecil seperti kaki lima misalnya. Saya ada cerita menarik, seorang teman yang kehilangan pekerjaan menceritakan kondisinya dan bermaksud membuka usaha sendiri. Sekedar memberikan ide usaha, saya contohkan bidang usaha yang dijalankan oleh mitra saya yaitu bisnis dawet hitam.

Karena mengetahui bahwa bisnis dawet hitam adalah peluang usaha modal kecil yang potensi keuntungannya bisa mencapat jutaan rupiah per hari, akhirnya dia tertarik dan ingin menjalankan usaha dawet hitam, namun malu untuk mengerjakannya … itu yang menjadi jawabannya. Setelah saya jelaskan, nahwa bisnis dawet hitam itu bukan bisnis keliling mendorong gerobak, juga tidak harus kaki lima, bahkan banyak dilakukan mahasiswa … akhirnya pikirannya terbuka juga.

Dengan mempekerjakan orang dengan pengupahan sistem bagi hasil, dia memulai bisnis dawet hitam. Mendapatkan keuntungan bersih setelah bagi hasil sebesar Rp. 100.000 tanpa harus berjualan membuat dia bersemangat. Bagi dia .. itu sudah cukup membuktikan bahwa wirausaha dawet hitam adalah bisnis yang menguntungkan.

Akhirnya pikiran cerdasnya timbul juga, untuk mengubah Rp. 100.000 per hari menjadi jutaan per hari dibutuhkan faktor kali, artinya harus membuka beberapa cabang dengan pola yang sama yaitu bagi hasil. Hingga saat ini, dia telah memiliki 6 cabang yang setiap harinya mendatangkan keuntungan bersih sebesar Rp. 500.000 per hari tanpa harus berjualan. Menariknya dia hanya bekerja menyiapkan dawet hitam dari jam 5 hingga jam 7 pagi. Selanjutnya pasukan dawet hitam akan dating untuk mengambil paket dawet yang siap jual tersebut.

Ternyata kisah di atas menjadi inspirasi wirausaha bagi anak muda seperti mahasiswa yang sedang mencari peluang usaha modal kecil dan banyak diikuti oleh mereka yang menjalankan bisnis dawet hitam. Bisnis ini juga merupakan peluang usaha bisnis yang cocok untuk mahasiswa. Satu hal yang menjadi kunci sukses adalah kualitas produk yang memenuhi syarat dan teknik marketing yang ampuh.

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Bagaimana Si Pemalu Ini Sukses Berwirausaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!