Menu Click to open Menus
Home » Blogging » Bagaimana Membangun Backlink Yang Efektif

Bagaimana Membangun Backlink Yang Efektif

(322 Views) April 28, 2017 9:17 am | No comment

Backlink…oh…backlink. Pada tulisan saya tentang belajar SEO sudah disinggung tentang backlink, merupakan cara agar website kita menjadi populer di mata search engine. Mungkin tulisan ini agak kontroversial di mata para internet marketer. Kalau tulisan ini berbeda dengan teman – teman saya mohon maaf, ini hanya sekedar sharing kepada pembaca boleh dibuktikan boleh juga dilewatkan dan berdasarkan uji coba saya.

Berikut ini langkah – langkah mencapai menempatkan blog pada posisi teratas tanpa mengejar backlink :

  1. Berdasarkan pencarian kata kunci tertentu pada google, tidak selamanya PR tinggi dan backlink yang banyak akan menduduki posisi teratas, kadang – kadang PR 0 malah bisa mendapat posisi teratas.
  2. Artikel unik itu bagus tapi tidak wajib. Kalau menurut saya pengertian artikel unik bukanlah artikel yang sama sekali berbeda dengan artikel aslinya, tetapi kalau memang artikel itu dicopy dari situs lain, maka sebagai pendahuluan harus pakai kalimat sendiri baru intinya boleh dipaste, kemudian cantumkan link sumber artikel tersebut. Disamping itu, jangan hanya menyalin konten dari satu sumber, kombinasikan dengan sumber lain namun temanya masih berhubungan. Saya berpendapat, google dalam memposisikan suatu blog dalam hasil pencarian, bukan tergantung dari siapa yang menulis artikel asli pertama kali, namun website siapa yang lebih optimized. Saya membuktikan artikel dengan artikel salinan, dan dalam hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang sama, website saya berhasil jauh mengungguli website dari artikel aslinya.
  3. Tukar menukar link atau two way backlink tidak efektif. Yang dapat mendongkrak posisi blog dalam hasil pencarian adalah popularitas dari blog itu sendiri. Google menilai popularitas website bukan dari banyaknya backlink dalam tukar menukar link melainkan aliran traffic dari situs lain menuju situs anda semakin deras traffic itu maka posisi blog anda akan naik. Kondisi ini saya identikkan dengan link dari situs social media yang mendatangkan traffic ke situs anda. Saya telah mencoba dengan sistem link partner dan berhasil mendapatkan ratusan link, namun tidak ada perubahan, ternyata bukan ini yang diinginkan google.
  4. Traffic yang ajeg dan konsistensi update blog. Di sini adalah faktor kesabaran yang menentukan, lakukan posting atau update blog setiap hari, dan tetap gunakan kata kunci dalam postingan anda, di sini SEO onpage optimization mutlak diperlukan.
  5. Lakukan postingan – postingan unik di beberapa situs social media, ini akan mendatangkan traffic gratis dan menjaga popularitas blog anda. Tentunya ini merupakan backlink yang ampuh.
  6. Blog commenting sangat baik untuk menjaga persaudaraan antar blog namun sia – sia untuk tujuan mencari backlink. Sebenarnya di awal – awal baik sekali, komentar ( bukan spam ) di blog orang dengan link balik ke blog kita, namun backlink semacam ini tidak bertahan lama dan akan lenyap sendiri seperti angin.
Penting sekali mendatangkan traffic untuk menjaga popularitas blog kita di mata google yang pada akhirnya akan menaikkan peringkat blog pada search engine. Banyak juga pelaku internet yang menyerahkan SEO websitenya kepada layanan jasa SEO, namun menurut saya cara ini juga tidak permanen, lebih baik bila dilakukan sendiri.
BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Bagaimana Membangun Backlink Yang Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!