Menu Click to open Menus
Home » Asuransi » Asuransi Kesehatan Yang Perlu Dipahami Pada Asuransi Unitlink

Asuransi Kesehatan Yang Perlu Dipahami Pada Asuransi Unitlink

(289 Views) March 25, 2017 5:24 am | No comment

Saya menulis tentang asuransi kesehatan pada unit link, karena sering terjadi kesalahan dalam pemilihan manfaat sebagai akibat salah dalami memahami produk, dan ini berakibat fatal.

Terlepas dari persoalan keuangan keluarga, asuransi sudah menjadi kebutuhan, karena mendapatkan jaminan keuangan ketika seseorang mengalami risiko seperti sakit, juga jaminan keuangan ketika kepala keluarga meninggal. Persoalannya, sebagai orang yang masih awam tentang asuransi terkadang apa yang mau ditanyakan pun tidak tahu.

asuransi kesehatan pada asuransi unit link

Tanpa mengetahui manfaat asuransi yang dibeli itu sama artinya membeli kucing dalam karung. Kekurangtahuan tentang manfaat asuransi juga bisa mengakibatkan pemilihan manfaat tambahan yang tidak tepat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang perlu dipertimbangkan pada saat agen menawarkan produk asuransi :

Asuransi dasar. Kalau masalah ini saya kira sudah jelas, untuk kasus asuransi unit link, yang menjadi asuransi dasar adalah asuransi jiwa. Ringkasan manfaat bisanya tertuang pada proposal penawaran, calon nasabah wajib membaca ini dan tanyakan secara mendetail manfaatnya.

Asuransi tambahan. Pada asuransi unit link seperti Prudential Indonesia, ada banyak manfaat tambahan yang dapat ditambahkan untuk melengkapi kebutuhan proteksi calon nasabah. Begitu banyaknya jenis asuransi tambahan dengan manfaat yang berbeda, ini membutuhkan pemahaman calon nasabah agar terjadi salah pengertian.

 

HINDARI KESALAHAN MEMILIH ASURANSI KESEHATAN

Di lapangan ada banyak kasus dimana terjadi kesalahan dalam pemilihan asuransi tambahan, tepatnya adalah asuransi kesehatan. Ini bisa terjadi karena bisa saja pada saat dibuatka penawaran atau ilustrasi manfaat, calon nasabah tidak memahami perbedaan masing – masing manfaat tambahan.

salah satu contoh kasus, dan ini kejadian nyata di lapangan. Pada asuransi tertentu, manfaat tambahan dalam kesehatan itu ada 2, pertama produk yang menanggung biaya pengobatan, kedua adalah produk yang hanya memberikan tunjangan harian ketika tertanggung di rawat di rumah sakit. Lalu mana yang penting dimiliki?

Dari pengertian tersebut, tentu manfaat dari produk pertama lebih utama untuk dimiliki. Dengan pertanggungan tersebut, biaya pengobatan yang besar akan menjadi tanggungan perusahaan asuransi. Sedangkan jika hanya dengan produk kedua, ketika dirawat di rumah sakit nasabah akan mendapatkan tunjangan harian, namun masih harus menanggung biaya pengobatan. Apa jadinya jika biaya pengobatannya mencapai puluhan atau ratusan juta, bukankah pemilihan manfaat tersebut kurang tepat. Jika memungkinkan, tentunya kedua produk tersebut bisa diambil semua.

Sering ditemukan kasus di lapangan, setelah dibuatkan ilustrasi manfaat oleh agennya, ternyata manfaat kesehatan yang diambil adalah produk yang kedua. Karena nasabah memang tidak memahami perbedaan peruntukannya, dia tidak mempersoalkannya … baru ketika dia mengalami risiko sakit, dan bermaksud mengajukan klaim, jelas ini ditolak oleh perusahaan asuransi karena manfaat yang diambil tidak mengcover biaya pengobatan yang dimaksud. Dan dia hanya mendapatkan tunjangan harian saja.

Pada umumnya setelah terjadi penolakan klaim seperti di atas, perusahaan asuransinya yang disalahkan, katanya perusahaan asuransi melakukan penipuan. Padahal kalau melihat kronologi seperti di atas, telah terjadi pemilihan manfaat tambahan yang kurang tepat, yang mengakibatkan tidak tercovernya biaya pengobatan. Itulah pentingnya memasami seluk beluknya sebelum membeli asuransi unit link.

 

Secara pribadi saya setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa, asuransi unit link adalah program yang tepat untuk perencanaan keuangan keluarga, karena manfaatnya lengkap yaitu : asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan manfaat investasi dalam satu kesatuan polis asuransi. Buat anda yang berminat membeli asuransi unit link, ada hal penting yang perlu dipelajari, klik saja PANDUAN ASURANSI UNIT LINK

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Asuransi Kesehatan Yang Perlu Dipahami Pada Asuransi Unitlink

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!