Menu Click to open Menus
Home » Ekonomi Umum » Apa Itu Gestun ( Gesek Tunai ) Kartu Kredit

Apa Itu Gestun ( Gesek Tunai ) Kartu Kredit

(131 Views) May 30, 2017 2:35 am | 1 Comment

APA ITU GESTUN

Mungkin diantara teman – teman sudah pernah mendengar, atau bahkan sering mendengar istilah “gestun” . Gestun merupakan istilah yang populer dalam dunia kartu kredit, yang kepanjangannya adalah “gesek tunai” . Jadi pengertiannya adalah kartu kredit digesek ( pura – pura belanja ) untuk mendapatkan uang tunai. Jika kartu anda adalah BCA, BNI, Mandiri atau yang lainnya selama ada logo VISA atau Mastercard, pada umumnya bisa untuk transaksi gestun. Baca juga : cara membuat kartu kredit

Pada transaksi belanja yang dibayar dengan kartu kredit secara normal, setelah kartu kredit digesek, kita akan mendapatkan barang yang kita beli, kemudian timbullah utang. Bedanya dengan transaksi gestun, traksaksinya adalah pura – pura, kartu kredit digesek untuk pembelian tertentu, namun yang kita terima adalah sejumlah uang sebagai pengganti barang yang dibeli.

Layanan gestun atau gesek tunai ini disediakan oleh toko atau merchant yang tentunya menyediakan fasilitas mesin EDC  sebagai alat gesek kartu. Pada umumnya praktik gestun ini menjadi usaha utama mereka dan toko mereka hanya sebagai kedok saja. Untuk layanan gestun yang mereka sediakan, mereka mematok ongkos tertentu.

Dalam hal untuk mendapatkan uang tunai, kartu kredit juga memiliki fitur tarik tunai seperti kartu ATM, bedanya … pada kartu ATM, anda dapat melakukan tarik tunai melalui ATM jika pada rekening bank anda masih terdapat saldo yang memungkinkan untuk ditarik.

Sedangkan pada kartu kredit, anda juga dapat menarik uang tunai melalui ATM yang berlogo VISA atau MASTERCARD, menariknya adalah anda bisa menarik tunai walaupun rekening bank anda tidak ada saldonya.

 

TUJUAN, MENGAPA MELAKUKAN  GESTUN

Mengapa orang melakukan gestun?  bukankah di atas sudah dijelaskan … kita juga bisa melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit di ATM ?  inilah bedanya … mengapa orang lebih suka melakukan transaksi tarik tunai di layanan gestun ketimbang melakukannya di ATM.

Intinya, pada saat kita menggunakan kartu kredit untuk transaksi tarik tunai di ATM, kita akan dikenakan ongkos yang lebih tinggi, daripada ongkos yang dikenakan penyedia jasa gestun.

Alasan kedua, untuk tarik tunai menggunakan  kartu kredit di ATM, kita dibatasi ketentuan bank, yaitu batas maksimal tarik tunai. Jadi pada saat transaksi tarik tunai mencapai batas, kita tidak dapat melakukan tarik tunai lagi, walaupun limit kartu kredit masih mencukupi. Beda halnya jika kita tarik tunai pada gestun, kita bisa tarik tunai hingga limit habis.

 

MANFAAT GESTUN

Manfaat utama jika kita menggunakan jasa gestun adalah :

  • Melakukan tarik tunai
  • Pelunasan utang kartu kredit. Sebenarnya sih bukan melunasi, yang lebih tepat adalah mengulur waktu pelunasan saja. Pada saat utang akan jatuh tempo, penyedia jasa gestun membantu membayarkan utang kartu kredit hingga lunas, namun setelah itu kartu digesek lagi sehingga utang yang lama masih ada.
  • Memainkan transaksi.  Ini adalah hal yang umum dilakukan untuk menjaga record transaksi agar bagus di mata bank, biasanya untuk kepentingan permohonan kenaikan limit.

 

DILARANG TAPI NGGAK ADA MATINYA

Praktik gestun sebenarnya dilarang bank, namun karena secara kasat mata memang ada transaksi belanja yang buktinya tercetak pada struk jadi transaksi ini sulit dihilangkan, apalagi adanya kepentingan saling membutuhkan antara pemegang kartu kredit dengan penyedia jasa gestun. Namun perlu diingat?  jika transaksi gestun ini terdeteksi oleh bank, maka kartu kredit bisa diblokir.

 

GESTUN SALAH SATU CARA MENAIKKAN LIMIT

Transaksi gestun adalah salah satu cara yang dapat membantu untuk menaikkan limit, namun yang harus diperhatikan adalah :

BAGIKAN ARTIKEL INI :

1 Comment for Apa Itu Gestun ( Gesek Tunai ) Kartu Kredit

  • Husodo says:

    Kalau menurut pendapat saya sih Gestun-bermanfaat bagi masarakat,tak perlu risau,kalau Bank tetap dapat profil dari nilai atau proses transaksi.juga ada uang masuk dan keluar,praktek ATM Link juga gunakan izin dari pusat otoritas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!