Menu Click to open Menus
Home » Asuransi » Anda Harus Tahu Alokasi Premi Asuransi Unit Link

Anda Harus Tahu Alokasi Premi Asuransi Unit Link

(1354 Views) April 22, 2017 9:30 am | 6 Comments

Alokasi premi. Berdasarkan email yang masuk kepada kami, ternyata sekitar 90 % masyarakat indonesia mempunyai pemahaman yang keliru tentang alokasi premi prulink dari asuransi Prudential . Mereka beranggapan bahwa alokasi premi itu sama dengan perhitungan jika kita menabung di bank.

Contohnya begini, jika kita menabung di bank misalnya 500 000 perbulan, selama satu tahun maka akan terkumpul 6 000 000. Banyak nasabah asuransi unit link beranggapan bahwa alokasi premi yang mereka bayar adalah seperti perhitungan tersebut. Mereka membayar premi sebesar 500 000 per bulan, jadi mereka beranggapan nilai tunai selama satu tahun adalah 6 000 000. PEMAHAMAN SEPERTI INI ADALAH SALAH….!!!!!

Artinya mereka belum memahami atau belum pernah melihat ilustrasi manfaat asuransi, atau mungkin saja agen yang bersangkutan tidak memberikan penjelasan secara lengkap.

Komponen premi Prulink ada 2 macam yaitu : premi berkala dan premi pru saver. Sebagai contoh jika nasabah memilih premi sebesar 500 000, mungkin komposisinya seperti ini :

  • 350 000 sebagai premi berkala
  • 150 000 sebagai premi pru saver

Dari kedua komponen premi tersebut, telah ditentukan besarnya prosentase untuk porsi investasi dan selebihnya merupakan porsi biaya akuisisi yang harus dibayar.

Prudential Indonesia telah menetapkan alokasi premi Prulink UNTUK INVESTASI seperti tabel di bawah ini:
 
Tahun ke. 1
PREMI BERKALA : porsi investasi = 0%, biaya akuisisi = 100%
PREMI PRU SAVER : PORSI INVESTASI = 95%, biaya akuisisi = 5%
 
Tahun ke. 2
PREMI BERKALA : porsi investasi = 40%, biaya akuisisi = 60%
PREMI PRU SAVER : PORSI INVESTASI = 95%, biaya akuisisi = 5%
 
Tahun ke. 3
PREMI BERKALA : porsi investasi = 85%, biaya akuisisi = 15%
PREMI PRU SAVER : PORSI INVESTASI = 95%, biaya akuisisi = 5%
 
Tahun ke. 4
PREMI BERKALA : porsi investasi = 85%, biaya akuisisi = 15%
PREMI PRU SAVER : PORSI INVESTASI = 95%, biaya akuisisi = 5%
 
Tahun ke. 5
PREMI BERKALA : porsi investasi = 85%, biaya akuisisi = 15%
PREMI PRU SAVER : PORSI INVESTASI = 95%, biaya akuisisi = 5%
 
Tahun ke. 6 sampai tahun ke. 10
PREMI BERKALA : porsi investasi = 100%, biaya akuisisi = 0%
PREMI PRU SAVER : PORSI INVESTASI = 95%, biaya akuisisi = 5%
 
 
catatan : Baik premi berkala maupun premi pru saver, keduanya akan dialokasikan kepada dana investasi dan akan kembali kepada kita dalam bentuk hasil investasi yang jumlahnya akan jauh lebih besar dibanding dengan uang yang kita bayarkan dalam bentuk premi, dengan catatan setelah melalui masa pembayaran biaya akuisisi yaitu pada tahun ke 1 sampai pada tahun ke 5. pada tahun ke 6 ke atas premi berkala akan dialokasikan 100 % ke investasi dan pru saver tetap 95 %.
 
Jika ada yang berpikir, pada tahun ke 1 hasil investasinya masih kecil tidak sesuai yang telah dibayarkan dalam bentuk premi, itu benar karena sesuai tabel di atas, yang masuk investasi baru premi pru saver dan premi berkala belum masuk investasi, karena 100 % digunakan untuk membayar biaya akuisisi. Premi berkala masuk investasi mulai tahun ke 2 dan tahun – tahun berikutnya.
 
 
STRATEGI PREMI KECIL MANFAAT LENGKAP
 
Tahukah anda, untuk mendapatkan manfaat yang lengkap tidak harus membayar premi yang mahal. Dengan strategi yang tepat kita dapat menetapkan manfaat yang lengkap walaupun dengan premi minimal. Selain itu penting juga memilih premi bulanan ataukah premi tahunan. Ini berhubungan dengan strategi harga unit yang wajib dipelajari. Baca selengkapnya tutorial asuransi unit link.
 
 
 
INFO : Ada banyak hal yang wajib anda pelajari sebelum mengambil keputusan membeli asuransi unit link, pelajari RAHASIA MEMBELI ASURANSI UNIT LINK.

 

BAGIKAN ARTIKEL INI :

6 Comments for Anda Harus Tahu Alokasi Premi Asuransi Unit Link

  • Gusdani Irawan says:

    Saya bingung dengan laporan transaksi yg setiap bulan saya terima. Saya sudah 3tahun menjadi nasabah Prudential, dengan premi kontribusi 500rb/bulan dengan komposisi :
    Premi Proteksi/ PAA : 391.667
    Premi Prusaver : 108.333
    Dengan mengikuti perhitungan/rumus diatas seharusnya saldo tabungan saya sekitar 9jt lebih, tetapi dipernyataan transaksi yg saya terima sekarang nilai tunai/ saldo tabungan cuma 2.689.000 rupiah.
    Mohon penjelasannya gan,dan kenapa saldo prusaver mengalami penurunan memasuki tahun ketiga.

    • topTips says:

      data yang anda sampaikan kurang lengkap. Ada beberapa faktor yang menentukan pertumbuhan nilai tunai, yaitu : jenis dana investasi yang dipilih, komposisi premi yang ditentukan agen, fluktuasi harga unit, dan usia saat anda masuk sebagai nasabah. komposisi premi anda juga dipengaruhi oleh usia anda saat masuk menjadi nasabah. Namun jika saya menilai, porsi premi pru saver anda sebesar 108.333 terlalu kecil. Itulah kenapa pertumbuhan nilai tunai juga kecil. Cek juga ilustrasi manfaat yang anda tandatangani, nilai tunai sebesar 60 juta masuk di tahun berapa? kalau masuk pada tahun ke 10 atau 11, maka itu masih wajar. kalau lebih jauh ke belakang, berarti perbandingan antara premi berkala dan pru saver tidak proporsional. KECUALI anda masuk asuransi saat usia 40 an atau lebih maka niai tunai akan lambat pertumbuhannya. Namun begitu masih lebih bagus karena anda terlindungi oleh asuransi.

      • Gusdani Irawan says:

        Saya masuk menjadi nasabah saat usia 31 tahun,sekarang memasuki tahun ke 4, jenis dana investasi yang diambil Prulink Rupiah Equty Fund 50% dan Rupiah Managed Fund Plus 50%.Nilai Tunai sebesar 60 jt masuk pada tahun ke 14, itu juga pada asumsi nilai tinggi. Sedangkan rekan saya masuk jadi nasabah pada waktu yang sama dengan premi kontribusi dan komposisi yang sama, saldo prusavernya lebih tinggi 2 kali lipat diatas saya, mohon pencerahannya lagi gan, apakah ada yang keliru dengan laporan transaksi saya

        • topTips says:

          Perusahaan asuransi anda tidak membuat kekeliruan. Walaupun besarnya premi sama namun berani saya pastikan nilai tunai tidak akan sama antara nasabah yang satu dengan yang lain, karena yang membuat proposal atau ilustrasi manfaat juga bukan orang yang sama. Yang mempengaruhi ada beberapa faktor :
          1. Usia saat masuk asuransi. Investasi akan lebih optimal jika masih usia muda masuk asuransi, uang pertanggungan lebih besar, hasil investasi lebih tinggi.
          2. Pemilihan dana investasi. Dana investasi yang alokasinya ke saham akan memiliki keuntungan investasi tertinggi.
          3. Perbandingan premi berkala dan saver. Premi saver yang terlalu kecil akan mengakibatkan hasil investasi menjadi kecil.
          4. Pemilihan manfaat tambahan (riders). Jika kurang tepat akan membuat investasi menjadi kecil.

          Terkait dengan hasil nilai tunai anda dibanding dengan rekan anda, ada kemungkinan karena faktor usia, mungkin juga karena pemilihan dana investasi.
          Sebenarnya, sebelum calon nasabah tanda tangan, ilustrasi manfaat itu bukan hal mutlak, masih bisa diperbaiki, dan calon nasabah berhak mengajukan hal – hal yang sekiranya lebih menguntungkan. Sayangnya, apa yang mau ditanyakan pun juga tidak ngerti. Menurut saya asuransi unit link yang terbaik, namun perlu belajar segala sesuatunya tentang ASURANSI UNIT LINK

  • Febrianto Kustiadi says:

    Saya (26feb83) punya polis dengan tertanggung utama anak saya (13jan14), saya bayar premi pertahun sebesar 4,2jt dengan alokasi premi sbb:
    1.) Premi berkala 3jt
    2.) Prusaver 1,2jt
    Manfaat asuransi
    1.) PAA (99thn) UP 171jt
    2.) Juvenile (18thn) UP 20jt
    3.) PADD (60thn) UP 20jt
    4.) PruHS (75thn) UP 200rb(harian)
    5.) Parent Payor 33-1 (25thn) 4,2jt(tahunan)

    Alokasi investasi
    25% rupiah managed fund
    75% rupiah equity fund

    Adapun yang hendak saya tanyakan: A.) Bisakah saya melakukan perubahan switching, premium redirction,increase sum assured? dengan perubahan sbb:
    1.) Premi berkala 2,5jt
    2.) Prusaver 1,7jt
    3.) UP PAA dibesarkan
    4.) Parent payor hanya sampai usia 18thn saja
    5.) Alokasi investasi 100% rupiah equity fund
    6.) Menghilangkan manfaat riders juvenile, PADD, dan PruHS

    B.) Adakah biaya dan berapa besaran biaya untuk perubahan tersebut?

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!