Menu Click to open Menus
Home » Asuransi » Agar Tabungan Menjadi Dana Pensiun Jaminan Hari Tua Memadai

Agar Tabungan Menjadi Dana Pensiun Jaminan Hari Tua Memadai

(416 Views) August 17, 2017 3:57 am | No comment

Tips perencanaan keuangan agar tabungan menjadi dana pensiun dan jaminan hari tua yang memadai dan menguntungkan.

Bekerja dan memberikah nafkah untuk keluarga adalah kewajiban sekaligus menjadi hak dari anggota keluarga. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan taraf hidup, memberikan bekal pendidikan anak yang memadai untuk cita – cita dan masa depan anak, serta untuk memastikan agar anggota keluarga dapat hidup sejahtera di masa yang akan datang.

Untuk dapat mencapai tujuan itu semua, pada umumnya setiap keluarga membuat perencanaan keuangan, dan cara yang umum dilakukan adalah dengan membuat program menabung. Yaitu dengan menyisihkan uang sejumlah tertentu untuk disimpan di bank guna persiapan mengantisipasi kebutuhan dana pendidikan anak dan kebutuhan keluarga lainnya pada masa yang akan datang. Menabung adalah tindakan terpuji, namun kekurangannya adalah tidak memperhitungkan kebutuhan tidak terduga.

 

ADA KEBUTUHAN TAK TERDUGA, NASIB TABUNGAN ANDA ???

Sebuah ungkapan memang benar, manusia hanya bisa berencana dan Tuhan YME yang menentukan. Mungkin anda sudah membuat perencanaan keuangan yang terperinci dan matang, namun dalam hidup sehari – hari ada hal yang diluar kuasa manusia dan itu sangat mungkin terjadi.

Sebagai contoh, anda sebagai kepala keluarga, suatu saat menderita sakit dan harus membayar biaya pengobatan yang besar, apa yang akan terjadi. Tentu sudah bisa ditebak, tabungan akan terkuras. Jika belum cukup, asset akan terjual. Jika tidak bisa lagi bekerja, tentu tidak ada lagi pemasukan lagi untuk melanjutkan kehidupan keluarga. Akibat selanjutnya adalah pendidikan anak akan putus di tengah jalan dan cita – cita anak hanya akan menggantung.

 

SOLUSI JENIS TABUNGAN YANG TEPAT

Jika anda rutin menabung di bank itu adalah tindakan yang baik sekali, bisa menjadi sumber dana cash yang instan untuk anda. Akan menjadi perencanaan yang sempurna jika anda juga membentuk tabungan … yang disamping membentuk dana tunai, juga dapat menjamin secara keuangan jika misalnya anda mengalami sakit, tanpa harus mengganggu tabungan anda. Tidak hanya risiko sakit, tabungan ini akan memberikan santunan yang memadai jika anda sebagai kepala keluarga meninggal dunia.

Tabungan yang tepat untuk perencanaan keuangan yang saya maksud di sini adalah asuransi unit link seperti halnya Asuransi Prudential. Disebut tabungan karena premi yang anda bayarkan setiap bulan akan diinvestasikan ke dana investasi dan menghasilkan nilai tunai yang dapat diprogram sebagai asuransi pendidikan dan program dana pensiun atau jaminan hari tua ( JHT ). Investasi ini akan menjadi tabungan yang jauh lebih menguntungkan daripada menabung di bank karena tingkat keuntungan investasi di atas tingkat inflasi.

Selain itu, disebut asuransi karena akan melindungi anda secara finansial dari risiko sakit, risiko meninggal atau pada saat umur tidak produktif lagi. Jika anda sakit, biaya pengobatan ditanggung asuransi kesehatan. Jika anda meninggal, asuransi akan memberikan santunan yang memadai untuk keluarga, juga mencairkan tabungan anda. Jika anda diberi umur panjang, tabungan anda akan menjadi dana pensiun atau jaminan hari tua untuk anda.

Dengan pemikiran yang jauh ke depan, mempertimbangkan kebutuhan dana pendidikan, kebutuhan usia tua, mempertimbangkan risiko yang mengancam dan mempertimbangkan tingkat inflasi, maka menyisihkan uang untuk mengikuti program asuransi unit link adalah pilihan yang tepat. Cukup dengan menabung 10 ribu per hari, anda sudah dapat membayar premi asuransi, ini akan memastikan anda mendapatkan tabungan, juga akan mendapatkan asuransi yang disamping melindungi anda sendiri juga melindungi seluruh keluarga anda.

Pelajari : Panduan Asuransi Unit Link

BAGIKAN ARTIKEL INI :

No comment for Agar Tabungan Menjadi Dana Pensiun Jaminan Hari Tua Memadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: dilarang meng copy bro !!